Iklan 728x90

Cara Instalasi Mikrotik di PC Router

Pada saat kita membeli mikrotik RouterBoard mikrotik biasanya langsung bisa digunakan tanpa harus melakukan instalasi RouterOS, namun apabila kita menggunakan PC sebagai Routernya kita harus melakukan instalasi RouterOS ke dalam Hardisk PC terlebih dahulu. Berikut cara unutk instalasi mikrotik RouterOS ke PC alangkah baiknya PC kita menggunakan lebih dari satu NIC misalkan 2 NIC :
1. ISO Image: Kita bisa download ISO Image lalu kita burning ke CD yang kosong. ISO Image ini kapasitasnya cukup kecil
2. Masukkan cd mikrotik ke dalam cd/dvd room
3, Setting bios komputer, pada booting awalnya pilih ke cd/dvd room
4.Setelah di setting maka komputer anda akan booting pertama kali ke cd/dvd room. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


5. Kita pilih semua pilihan check dengan menekan tombol 'a' lalu akan terpilih semuanya lalu tekan tombol 'i' untuk melanjutnkan instalasi.
6. Tunggu sampai proses instalasinya selesai, tekan enter unutk reboot jangan lupa set bios ke kondisi boot hardisk bukan cd/dvd lalu ambil cd nya.


7. Setelah komputer restart akan diminta untuk check disk atau tidak. Tekan tombol “Y” untuk setuju, atau tekan tombol “N” untuk tidak setuju.
8. Akan muncul tampilan login admin pada mikrotik login dan untuk password kosongkan saja.
9. Jika berhasil login akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Login sukses.


Sekarang Mikrotik RouterOS nya sudah terinstall di PC anda. Tetapi hanya bisa digunakan selama 24 jam saja karena masih dalam masa trial. Untuk bisa membuatnya full version menggunakan lisensi level 6, perlu dilakukan registrasi lisensi dulu.

Melakukan Registrasi Lisensi Mikrotik

  1. Hubungkan PC Mikrotik dengan PC lainnya atau Laptop menggunakan kabel UTP.
  2. Buka Winbox.
  3. Login ke Mikrotik menggunakan Winbox user admin password kosong

 

4. Di halam Utama Winbox klik  “System” dan klik “Licence”
5. Kemudian klik "Import Key" dan pilih file lisensi level 6 atau setelah kita melakukan pembelian lisensi secara online, hasil generate di paste melalui winbox seperti gambar di bawah.
6. Router  now? klik “OK” maka router akan restart.
7. Login lagi ke Mikrotik nya via Winbox, buka menu System --> License --> Maka akan muncul tampilan bahwa Mikrotik sudah berhasil diregistrasi dengan lisensi level 6.




Post a Comment

0 Comments